Selasa, 22 Maret 2011

LANGKAH MENGHADAPI PENCURI



Sawahjoho - Maraknya aksi pencurian yang ada di Indonesia Khususnya di Sawahjoho, menggugah saya untuk memberikan tips dan saran agar rumah anda tidak disatroni pencuri alias (maling)

Kata orang-orang “Mencegah Lebih Baik Dari Pada Mengobati”, dan karena keselamatan keluarga merupakan salah satu prioritas utama. Kita akan melakukan apapun untuk melindungi orang-orang yang kita cintai. Salah satu permasalahan serius yang menghadang kita dan keluarga kita adalah pencurian.
Sebagian besar pencuri tak hanya mengambil harta yang kita miliki, tapi terkadang juga menyakiti siapapun yang menghalanginya, bahkan tak sedikit yang sampai membunuh sang pemilik rumah. Saya punya beberapa tips untuk mencegah hal tersebut terjadi.
Punya pohon-pohon yang tinggi di sekitar rumah memiliki banyak sekali keuntungan, tapi bisa jadi kelemahan terbesar untuk anda, terutama dalam kasus perampokan. Cabang-cabang dan dedaunan yang lebat dapat membuat orang di luar rumah anda tidak mengetahui apa yang terjadi rumah anda. Jadi potong cabang-cabang supaya tidak terlalu lebat sehingga orang dari luar bisa melihat ke dalam rumah anda ketika ada keadaan darurat.
Jika anda bisa, pasang sistem keamanan di rumah anda. Sistem keamanan akan mencegah orang luar yang tidak dikenal dari memasuki properti yang anda miliki. Ketika seseorang mencoba untuk merusaknya, sistem keamanan akan secara otomatis mengeluarkan alarm dan mengirim sinyal ke kantor polisi terdekat. Selain untuk pencurian, sistem keamanan anda bisa juga digunakan sebagai alat pendeteksi bahaya lain seperti kebakaran.
Juga jangan meremehkan P3K di rumah anda. Bisa jadi hal yang kiranya sepele tersebut dapat menyelamatkan anda dalam keadaan hidup dan mati. Pasang satu kotak P3K di tempat yang strategis atau di tempat yang gampang dijangkau, seperti kamar kecil dan dapur. Dan akan lebih bagus juga jika anda pasang alat pemadam api ringan di rumah anda.
Jangan lupakan juga, kadang-kadang kita juga pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama, misalnya untuk liburan atau tugas kantor. Kalo udah seperti ini, cobalah buat rumah anda tampak seperti ada penghuninya. Para pencuri akan mengambil kesempatan masuk ke dalam rumah yang tampak tidak ada penghuninya. Jika memungkinkan, mintalah tolong ke teman dekat anda atau tetangga anda untuk selalu memeriksa rumah anda ketika anda pergi.
Dan untuk jaga-jaga, siapkan peralatan untuk perlawanan seperti pemukul baseball atau penyemprot merica (jangan penyemprot obat nyamuk, emang serangga??). Karena ada saatnya kita melakukan perlawanan juga.
Demikian beberapa saran buat menjaga rumah dari para perampok, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flag Counter
Copyright © 2008 -© SAWAHJOHO. All rights reserved.