Senin, 30 Mei 2011

Meningkatkan hasil panen Padi


Sawahjoho - Perlu kita sadari bahwa Padi adalah salah satu komoditas paling penting nomor satu di dunia. Apabila penurunan hasil panen dan gagal panen terjadi, maka Pemerintah akan kena dampaknya. Dampak yang terbesar akan benar-benar dirasakan oleh rakyat. sebab nantinya rakyatlah yang ujung-ujungnya akan mengalami kekurangan dalam hal pangan.

Pada awal musim panen bulan mei dan juni kini petani benar-benar tengah menikmati rendahnya harga gabah. Harga gabah kering panen kualitas standar di tingkat petani di sawahjoho sekitar Rp 2.000-Rp 2.300 per kilogram, dan jika sudah digiling untuk harga berasnya bisa mencapai sekitar Rp..6000. sangat berbeda ketika musim sedang kemarau.
Di beberapa wilayah sentra pertanian padi, seperti di desa sawahjoho kecamatan warungasem kab batang kini, panen padi mulai berlangsung. Pada panen kali ini kualitas gabah lebih baik daripada tahun lalu, terutama dalam produktivitas. Gangguan hama penyakit ada, tetapi luasnya jika di presentasekan hanya sekitar 10-15 persen.
Pada 2011, penurunan hasil produksi padi di sawahjoho memang sangat wajar. Kondisi cuaca ekstrim juga turut memengaruhi hasil produksi panen pun belum bisa optimal sesuai target yang diharapkan. Dengan kondisi cuaca yang sangat mendukung bulan ini, kita harus tetap optimistis agar produksi sesuai dengan yang diharapkan. Kemajuan Petani harus tetap dipantau oleh Pemerintah, karena hal ini adalah sebagai penunjang kemajuan pertanian Indonesia khususnya .
Pemerintah Indonesia sangat perlu untuk memberikan penjelasan bermutu terutama kepada petani kita agar kedepan bisa lebih baik dari sebelumnya. dalam sektor pertanian memang banyak sekali gangguan dan kendala yang dihadapi seperti wereng, tikus, ulat dan lain sebagainya yang mengganggu hasil panen.
Para petani menharapkan agar pemerintah juga ikut serta membantu kaum petani dalam peningkatan mutu seperti menurunkan harga mes, pupuk, obat dan lain sebagainya untuk menunjang sektor pertanian dan demi kelancaran hasil pangan kita. Terutama pemerintah sangat perlu melakukan penanganan pasca panen yang baik dan benar agar dapat meningkatan Kualitas dan kuantitas beras yang akan kita makan sehari-hari . Majulah petani Indonesia !!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Flag Counter
Copyright © 2008 -© SAWAHJOHO. All rights reserved.